Tips Pengambilan Teknik Fotografi Panning untuk Pemula

Ada beberapa teknik dalam pengambilan foto. Salah satunya adalah teknik Panning. Teknik ini termasuk yang sering digunakan dalam pengambilan gambar untuk sport.

(Click to Chat WhatsApp)

Teknik fotografi panning sering dipakai untuk pengambilan foto sport atau foto news. Teknik ini termasuk salah satu teknik yang digemari oleh fotografer. Teknik panning adalah teknik fotografi yang memperlihatkan efek bergerak pada objek yang bergerak kemudian dibekukan dan bagian backgroundnya terlihat buram namun objek utama tetap fokus dan tajam. Cara melakukan teknik ini cukup mudah, Anda hanya mengatur Shutter Speed saja.

Ada beberapa cara untuk melakukan teknik fotografi Panning. Bahkan cara ini bisa digunakan untuk pemula.

1. Jangan gunakan tripod, luweskan kamera untuk mengikuti arah gerakan obyek. Tripod hanya akan membebani dan membuat Anda kesulitan dalam bergerak. Monopod masih bisa digunakan jika kita terbebani oleh besarnya lensa dan kamera.

2. Setting kamera menggunakan mode Shutter Priority (S atau Tv). Sedangkan kecepatan yang digunakan pada Shutter Speed pada saat Panning adalah 1/30 sampai 1/8. Semakin cepat Shutter Speed makan background yang dihasilkan akan semakin detail.

3. Selanjutnya adalah set ISO. S pada keadaan paling rendah bisa 50 atau 100.

4. Memilih obyek yang akan kita potret dengan benar, usahakan obyek yang kita pilih memiliki background yang cerah. Adanya background yang cerah dan juga menarik tentunya nanti akan banyak yang fokus dalam pengambilan gambar dari teknik Panning yang akan kita gunakan.

5. Arahkan kamera dan memencet setengah tekan untuk tombol release pada kamera. Cara ini akan membuat fokus kamera dalam pengambilan gambar bergerak.

6. Yang terakhir adalah kesabaran. ketika akan mengambil gambar bergerak, agar hasil Panning bagus sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda harus sabar dalam pengambilan gambar. Jika hasilnya belum memuaskan, Anda bisa mengulangi kembali sampai hasil Panning bagus.

Itulah beberapa cara untuk melakukan teknik fotografi Panning. Dan ingat, pastikan ketika melakukan teknik Panning, usahakan untuk menyeimbangkan komposisi cahaya. Biasanya cahaya yang jatuh pada subjek harus sama dengan cahaya yang jatuh pada background untuk menghasilkan foto dengan exposure yang tepat.

(Click to Chat WhatsApp)

Sewa Kamera Jogja | IFRAME Rental Kamera | Rental Kamera Jogja