Kamu Lelah Ada Flare? Pakai Tips Mengurangi Flare pada Foto

Adanya efek flare pada hasil foto memang mengganggu. Kamu bisa menghilangkan timbulnya flare dengan mengetahui tips mengurangi flare pada foto untuk pemula.

mengurangi flare pada foto 1

Mengambil foto saat tidak ada matahari juga cukup merepotkan, terutama saat kamu akan ambil foto pemandangan alam. Namun, saat matahari bersinar dengan terang, masalah yang akan timbul pada foto adalah adanya flare. Lihat tips mengurangi flare pada foto untuk bisa mengurangi efek dari flare ini.

Setidaknya ada dua macam flare yaitu specular flare dan veiling flare. Efek flare ini muncul akibat tabrakan sumber cahaya dengan bagian yang ada di lensa kamera. Memang dalam kondisi khusus, ada sebagian fotografer yang memanfaatkan flare sebagai efek kreatif. Beberapa tips untuk menghilangkan flare bisa kamu lihat berikut.

 

Cari Tempat Sewa Kamera di Jogja? IFrame Aja!

(Click to Chat WhatsApp)

Beberapa Tips Menghilangkan Flare

Flare bisa kamu hilangkan dengan mudah tanpa perlu mengedit foto menggunakan software. Kamu bisa memanfaatkan posisi kamu dalam mengambil foto, memasang lens hood, menggunakan tangan Anda, dan menggunakan lensa prime. Penasaran dengan masing-masing cara mengurangi flare pada foto? Simak tips di bawah ini!

1. Pengubahan Posisi

Metode paling mudah yang bisa berhasil dan tidak yaitu dengan melakukan pengubahan posisi tubuh. Ada sudut tertentu yang membuat sinar matahari bisa tidak menabrak lensa kamera. Cobalah untuk mengubah posisi tubuh dalam mengambil foto, misalnya dengan sedikit mundur, jongkok, dan beberapa posisi lainnya. 

Pastikan bahwa posisi lensa dan sudutnya berubah. Kamu bisa mencobanya dan berlatih metode yang pertama ini. Cara ini adalah cara paling simpel yang banyak diterapkan oleh fotografer profesional juga.

2. Memasang Lensa Hood

Tips kedua yang memang bisa kamu usahakan adalah menggunakan lensa hood. Bagian tersebut akan membantu menghalangi sinar matahari menyilaukan masuk ke lensa kamera. Teknik ini hanya cocok untuk kamera dengan sudut yang sempit.

Cara mengatasi flare pada foto yang satu ini kurang cocok digunakan untuk lensa sudut yang lebar. Apabila kamu memiliki kamera dengan lensa lebar, maka memang kamu akan sering mengalami timbulnya flare pada hasil foto. 

3. Halangi Sinar dengan Tangan

Cara berikutnya yang juga bisa dipakai untuk menghilangkan flare adalah menghalangi munculnya sinar matahari dengan menggunakan tangan. Cara ini juga lebih sulit bila diterapkan untuk kamera berlensa lebar. Kamu juga perlu berhati-hati, agar tangan kamu tidak masuk ke hasil jepretan.

4. Pakai Lensa Prime

Cara menghilangkan flare pada foto yang juga perlu kamu pakai saat sudah menerapkan tips lainnya dan tidak berhasil adalah menggunakan lensa prime. Jenis lensa ini lebih jarang menghasilkan foto dengan flare daripada lensa zoom. Lensa prime memiliki keunggulan tersebut, karena lebih sedikit elemen internalnya.

Flare ini juga bisa muncul akibat adanya persebaran cahaya akibat part di dalam lensa. Jadi menggunakan jenis lensa yang berbeda, seperti lensa prime akan bisa menghindari terjadinya flare dalam berfoto. Semakin sedikit bagian yang ada di dalam foto, maka penggunanya akan semakin mudah menghindari flare.

5. Lensa dengan Coating Tertentu

Seorang fotografer handal memang biasanya memiliki banyak jenis lensa kamera. Kalau tips yang satu ini memang mau tidak mau kamu perlu mengeluarkan budget lebih daripada tips di point lainnya. Perkembangan coating permukaan material saat ini memungkinkan perkembangan kualitas lensa juga.

Teknik coating tertentu pada lensa, bisa membuat pemiliknya untuk menghindari flare. Setiap kali kamu akan membeli lensa, ada baiknya kamu mengecek kualitas dari lensa dengan seksama. Semakin mahal lensa yang dibeli biasanya akan bisa menghindari flare dengan mudah.

Selalu Menjaga Kebersihan Lensa

mengurangi flare pada foto

Hal yang juga perlu diperhatikan pada saat akan menghindari flare di setiap foto yang diambil adalah selalu menjaga kebersihan lensa. Pastikan untuk selalu membersihkan lensa dan menyimpan kamera dalam kotak yang tidak lembab. Ini bisa diibaratkan dengan kacamata yang bersih akan menghasilkan pemandangan yang jernih juga.

Untuk bisa mencegah lensa menjadi lembab atau bahkan tumbuh jamur, kamu bisa memasukkan kamera di kotak khusus yang dilengkapi dengan penyerap kelembaban. Jangan sampai ada bekas minyak juga di lensa kamu. Saat kamu menerapkan seluruh point, maka dijamin hasil foto kamu tidak lagi ada flare.

Kamu pasti sudah sangat tertarik untuk menerapkan seluruh tips mengurangi flare pada foto bukan. Kamu juga bisa menyebarkan informasi ini kepada sesama teman yang sedang belajar fotografi. Saat kamu belum punya kamera sendiri, kamu bisa sewa di Iframe rental kamera yang ada tiga cabang, di Palagan, Jogokaryan, dan Kusumanegara.

(Click to Chat WhatsApp)