Begini Ternyata Tips Foto Portrait Paling Penting Diterapkan

 

Deskripsi: Hasil foto portrait tidak berkualitas jika salah mengambil fokus, angle dan pencahayaan. Maka dari itu, gunakan tips foto portrait paling penting yang belum diketahui orang.

cara foto portrait

Cara mengambil foto potret memang banyak tetapi yang prioritas masih belum diketahui fotografer seperti framing, angle dan cahaya. Sehingga hasil jepretan kadang tidak maksimal. Maka dari itu, di bawah dijelaskan tips foto portrait paling penting.

Pengertian Foto Portrait

Foto portrait adalah foto yang menggunakan media wajah sebagai objek. Foto semacam ini tidak menampilkan sisi pose dan angle melainkan karakter wajah itu sendiri.

Dengan foto portrait bisa diketahui mimik muka yang menjelaskan kondisi perasaan dan emosi. Oleh sebab itu, seorang fotografer portrait harus mampu memunculkan karakter tersebut.

Tips Foto Portrait Paling Penting

Sekarang dijelaskan tips foto portrait yang paling penting yang harus dilakukan fotografe, baik pemula maupun profesional. Dengan kiat ini, hasil jepretan kamera lebih artistik dan berkarakter. Ini dia penjelasannya.

(Click to Chat WhatsApp)

1. Memfoto Menggunakan Lensa Focal Length yang Panjang

Lensa tipe Focal Length dibutuhkan untuk mencegah foto blur. Jika menggunakan lensa yang 200 mm hasil foto juga lebih smooth.

Kemampuan lensa Focal Length panjang adalah bisa menyesuaikan jarak subjek dengan kamera. Semakin panjang ukuran lensa jarak juga semakin dekat.

2. Mencegah Terjadinya Eye Level

Umumnya sistem Eye Level diterapkan fotografer pemula. Karena ini teknik memfoto yang paling mudah.

Untuk portrait kamu harus mengambil foto dari berbagai sudut pandang karena yang dimunculkan adalah karakter wajah. Tentu kamu harus melihatnya dari angle berbeda untuk menemukan mimik yang juga berbeda.

3. Memakai Flash dari Sudut Pandang Berbeda

Jika mengambil foto portrait di suasana gelap harus menggunakan flash. Karena cahayanya membantu memberikan efek terang pada hasil foto.

Akan tetapi, jika menggunakan sudut pandang yang monoton gambar terlihat biasa. Tidak akan muncul kesan dimensional yang membuat hasil foto lebih artistik.

Kalau menggunakan flash saat foto portrait ambil dari sudut pandang berbeda. Seperti dari samping objek yang berfungsi meningkatkan light dan shadow pada gambar.

Sudut pandang samping juga berfungsi memotret karakter wajah secara menyeluruh. Apalagi jika kamu piawai memainkan fitur Portrait Environment. Bukan hanya foto wajah yang bagus background dan landscape-nya juga berkualitas.

4. Memakai Framing Foto yang Pas

Cara foto portrait dengan HP yang keempat adalah memakai framing foto yang tepat. Fotografer pemula harus belajar menggunakan framing. Karena ini syarat bisa menghasilkan foto wajah artistik dan mewah.

Jika framing foto pas hasil bidikan pasti luar biasa. Apalagi jika menggunakan Lensa Tele yang bisa dipakai memotret dari celah-celah sempit.

Jika piawai memainkan framing foto portrait kamu tidak akan bosan menjadi fotografer. Karena hasil bidikan terlihat anggun dan menarik sekalipun objeknya sederhana.

cara foto portrait

5. Jangan Kosongkan Ruang di Atas Kepala

Untuk menghasilkan foto portrait yang bagus teliti dulu ruang sekitar objek. Pastikan tidak ada celah kosong di atas kepala karena kesannya tidak bagus. Ini sepele tetapi titik fokus pada wajah bisa maksimal dan hasil bidikan juga balance.

Mengisi ruang atas kepala yang kosong berfungsi untuk mengatur jarak bidikan agar ideal. Sehingga memfoto lebih mudah karena posisi wajah tepat di titik fokus.

6. Mengatur Komposisi Mata Subjek

Di dalam pemotretan portrait fokus mata adalah unsur terpenting. Ini menjadi titik fokus foto yang jika pas maka hasil foto juga seimbang.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan bidikan pastikan pengaturan fokus mata sudah tepat. Itupun jika ingin hasil foto natural dan tidak terkesan dibuat-buat.

7. Melakukan Editing Hasil Foto

Jika foto portrait selesai dilakukan tips selanjutnya adalah melakukan editing foto. Kamu bisa menggunakan software Adobe Photoshop atau Corel Draw.

Sebelum melakukan editing cetak dulu foto portraitnya. Jika tips di atas dilakukan biasanya hasil cetak sudah bagus. Yang perlu dilakukan editing hanya kehalusan atau adanya pernak-pernik mengganggu dan bias cahaya tidak bagus saja.

Jika mengetahui tips foto portrait maka mulailah memfoto sekarang. Kalau tidak punya kamera bisa menyewa di IFrame Rental yang membuka 3 cabang di Yogyakarta.

Di sini, kamu bisa memilih kamera terbaik dan canggih. Jumlahnya ratusan sehingga tidak usah khawatir bakal kehabisan stok rental. Maka dari itu, mari kunjungi sekarang lalu terapkan tips foto portrait paling penting di atas.

(Click to Chat WhatsApp)