Pengertian Shutter Speed Pada Kamera Beserta Kegunaannya

shutter speed kamera

Shutter speed pada kamera juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi seorang fotografer dalam mengambil gambar. Saat ini, mengambil gambar dengan kamera sudah sangat sering dilakukan oleh setiap orang. Bahkan aktivitas fotografi dijadikan hobi yang sangat populer, banyak orang yang memamerkan gambar hasil potretnya di sosial media. 

Namun jika kamu mengambil gambar untuk di upload ke sosial media saja, kamu bisa menggunakan kamera yang ada di handphone. Karena selain praktis, kamera handphone mempermudah kamu dalam mengunggah foto. Bagi seorang fotografer tentu harus mengetahui pengertian Shutter speed pada kamera.

 

(Click to Chat WhatsApp)

Pengertian Shutter Speed

Bagi seorang fotografer profesional yang ingin mendapatkan gambar dengan kualitas tinggi bisa menggunakan kamera DSLR. Kamera tersebut memiliki fitur yang cukup lengkap, salah satunya adalah kegunaan shutter speed pada kamera. Kamu harus mengetahui pengertian dan kegunaannya serta mampu cara mengaplikasikannya.

Ada beberapa mode atau menu pada kamera DSLR, misalnya mode Shutter speed yang merupakan komponen eksposur pada kamera. Shutter speed sendiri memiliki pengertian yaitu kecepatan pada rana yang ada dalam kamera. Jika kamu memencet tombol pada shutter speed, maka terdapat rana yang akan terbuka dengan kecepatan yang kamu pilih, setelah itu menutup kembali.

Rana tersebut sangat berhubungan dengan cahaya yang masuk pada kamera. Semakin cepat shutter speed yang kamu pilih, maka rana pada kamera semakin cepat terbuka dan tertutup, hal tersebut mengakibatkan cahaya yang masuk ke dalam kamera sangat sedikit.

Begitupun sebaliknya, jika kamu memilih shutter speed yang lambat, maka rana pada kamera akan terbuka cukup lama, sehingga cahaya yang masuk sangat banyak. Meskipun banyak mendukung atau mode dalam kamera, namun mode kecepatan shutter speed pada kamera DSLR sangat mempengaruhi hasil foto yang kamu dapatkan. Kamu bisa mempelajari cara mengatur shutter speed untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.

Salah satu fungsi shutter speed yang ada pada kamera DSLR yaitu memproses pengambilan gambar untuk mendapatkan foto yang yang berkualitas, serta mencegah terjadinya foto blur akibat cahaya yang masuk tidak sesuai. Kamu bisa mengatur kecepatan dengan menyesuaikan menu pada kamera DSLR lainnya. Seperti yang sudah dibahas, bahwa pengaturan kecepatan sangat mempengaruhi cahaya yang masuk ke dalam rana kamera, sehingga gambar yang dihasilkan memiliki intensitas cahaya sesuai dengan kecepatan tersebut.

Jika kamu menggunakan shutter speed dengan cepat, maka kamu harus menaikkan iso atau memperbesar rana kamera, agar gambar yang didapatkan tidak gelap. Begitupun sebaliknya, jika kamu menggunakan shutter speed kamera dengan lambat maka iso tak perlu dinaikan, karena cahaya yang masuk kedalam kamera sudah banyak. Namun ketika kamu mengambil gambar dengan speed yang lambat, gunakan tripod agar hasil gambar tidak blur.

Penggunaan Shutter Speed Kamera

shutter speed kamera

Shutter speed atau yang sering disebut dengan rana kamera merupakan rentang waktu antara pembukaan sensor pada  kamera serta kembali tertutup. Ketika sensor kamera terbuka, maka kita bisa melihat objek yang akan difoto dengan shutter speed. Setelah waktu kecepatan rana kamera habis, maka posisi tombol shutter akan kembali seperti semula.

Berikut ini merupakan contoh penggunaan shutter speed kamera

  • Atur shutter speed pada kamera sebesar 500, maka kamu memiliki rentang waktu selama 1/500 detik. Sedangkan waktu eksposur selama 30 sekon.
  • Pengaturan kecepatan Shutter speed dengan kelipatan 2 akan membentuk deretan 1/500, 1/250, 1/125, 1/60, 1/30 dan seterusnya. Namun pada saat ini, setiap kamera membolehkan pengaturan 1/3 stop, sehingga membentuk deret kecepatan yang lebih rapat, yaitu 1/500, 1/400, 1/320, 1/250, 1/200, 1/160 dan seterusnya.
  • Atur shutter speed yang aman untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang tajam. Pengaturan aman tersebut berkecepatan lebih dari 1/60, sehingga gambar yang dihasilkan tidak blur atau berbayang. 
  • Pengaturan shutter speed yang aman harus lebih besar dibandingkan dengan panjang lensa. Pembekuan gambar foto membutuhkan shutter speed yang sangat cepat, sehingga kamu bisa menangkap objek yang bergerak cepat

Itulah beberapa pembahasan mengenai Pengertian Shutter Speed pada Kamera beserta penggunaannya. Kamu juga bisa mengatur kecepatan rana kamera sesuai dengan objek yang ingin diambil dan tujuan tersendiri, IFrame menjadi pilihan pas untuk menyewa kamera. Saat ini terdapat 3 cabang rental kamera IFrame, yaitu di Palagon (pusat), Jogokariyan, Kusumanegara.

 

(Click to Chat WhatsApp)