Pemula? Ini Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon yang Benar!

sewa kamera jogja canon eos 6D

Bagi para pecinta dunia fotografi, kehadiran kamera DSLR khususnya merek Canon tentu akan memberikan hasil foto yang lebih menarik. Hal ini dikarenakan kamera satu ini menawarkan fitur dan inovasi terbaru yang pas untuk pengambilan gambar secara profesional. Hanya saja tidak semua pemakai kamera ini terutama pemula, paham mengenai cara menggunakan kamera DSLR Canon yang tepat.

(Click to Chat WhatsApp)

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon Bagi Pemula

  • Ketahui Cara Memegang Kamera dengan Benar

Langkah pertama cara menggunakan kamera DSLR Canon bagi pemula adalah mengetahui cara memegang kamera dengan tepat. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula pada saat memegang kamera adalah posisi tangan yang tidak tepat.

Memegang kamera yang benar adalah tangan kanan memegang body kamera, dengan posisi jari telunjuk siap untuk memencet tombol Shutter. Sementara posisi tangan kiri berfungsi untuk menopang kamera. Keuntungan menggunakan kamera dengan cara ini, proses pengambilan gambar akan lebih fokus dan guncangan dapat dihindarkan, sehingga karena menjadi lebih stabil.

  • Manfaatkan Pengaturan Otomatis atau Auto Mode

Dengan menggunakan settingan otomatis, pengaturan penting pada kamera akan menyesuaikan secara langsung dengan kondisi objek foto. Selain itu pengaturan penting seperti aperture atau eksposur tidak akan terganti dan hasil foto menjadi lebih baik.

  • Manfaatkan Auto Focus

Auto focus memungkinkan lensa untuk lebih mudah mendapatkan hasil gambar yang fokus, tajam, dan stabil. Dengan memanfaatkan fitur ini, objek foto akan “terkunci” sehingga proses pengambilan menjadi lebih baik. Fitur Auto Focus bekerja lebih maksimal pada tempat dengan penerangan yang cukup cerah serta tidak redup.

  • Cara Menekan Tombol Shutter

Ada dua langkah tepat menekan tombol shutter pada kamera. Yang pertama adalah menekan tombol dengan setengah tekanan. Lalu, tunggu hingga objek foto dapat ditangkap dengan baik oleh lensa. Jika telah berhasil “mengunci” gambar, lanjutkan dengan menekan tombol shutter sepenuhnya.

Cara yang kedua adalah dengan menekan tombol secara lembut dan perlahan, kemudian pastikan agar  guncangan yang muncul sangat minim. Jika guncangan terlalu besar, dapat dipastikan gambar yang ditangkap akan blur atau tidak fokus.

Demikian cara menggunakan kamera DSLR Canon untuk para pemula. Supaya dapat memperoleh hasil tangkapan objek yang bagus, lakukan latihan sesering mungkin. Sehingga Anda menjadi semakin mahir dari sebelumnya.

Rental Kamera Jogja | IFRAME Rental Kamera | Sewa Kamera Jogja