Tips Jitu Mengenal Komposisi Framing pada Fotografi

Deskripsi: Kamu ingin punya skill fotografi? Kamu perlu mengenal komposisi framing pada fotografi. Setidaknya ada 4 tips utama buat kamu yang utama untuk dipelajari.

posisi framing pada foto

Kamu belum punya basic mengenai dunia fotografi? Kamu bisa mulai mencoba sekarang juga untuk mengenal komposisi framing pada fotografi. Belum paham mengenai apa itu framing? Tenang saja, kamu bisa baca sampai selesai artikel ini dan dijamin, kamu akan bisa menjadi lebih mahir dalam mengambil foto.

Framing dalam fotografi adalah cara yang mengutamakan subjek dalam dunia fotografi. Maksud dari pernyataan itu adalah kamu ingin orang lain tahu apa yang kamu ambil. Misalkan saja kamu ingin menunjukkan bahwa Borobudur sebagai situs sejarah Indonesia, maka letakkan di bagian tengah foto. Sisanya kamu bisa liat tips berikut.

(Click to Chat WhatsApp)

Tips Teknik Komposisi Framing Fotografi

Semua orang yang tahu tentang teknik framing ini akan bisa mulai mengambil gambar layaknya profesional. Itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk bisa mengetahui tips-tips tertentu dalam hal framing. Untuk bisa mahir, kamu juga bisa terus berlatih dengan tips-tips teori framing fotografi berikut ini.

1. Pahami Rule of Third Fotografi

Teknik komposisi dalam fotografi yang juga penting disebut dengan Rule of Third. Komposisi yang satu ini mengharuskan fotografer membagi menjadi 9 bidang kotak sama besar dalam kamera. Pastikan kamu juga merekam Point of Interest alias POI dalam salah satu kotak dalam 3 x 3.

Setidaknya pastikan hal yang menjadi subjek utama alias Intrestesting Point (IP) dalam pada titik pertemuan di antara garis dari 9 kotak yang ada dalam kamera. Ini hanya garis imajiner saja alias ilmu kira-kira, sehingga kamu tidak benar-benar melihat dalam kamera kamu ada garis tersebut.

Memang ada beberapa kamera saat ini yang sudah menyertakan rules of third ini. Apabila kamu memiliki kamera tersebut, itu akan sangat mempermudah kamu untuk bisa shoot foto yang menakjubkan dan sesuai aspek fotografi.

2. Gunakan Teknik Komposisi Simetris pada Foto

Salah satu teknik yang paling mudah untuk mengambil foto adalah menggunakan hasil bidang yang sama antara bagian yang kanan dan kiri. Teknik yang satu ini bisa disebut sebagai teknik yang paling mudah dalam dunia fotografi. Misalkan saja, kamu mengambil suatu gambar jembatan yang indah, letakkan di bagian tengah secara simetris.

Pastikan foto yang kamu ambil juga tidak miring, sehingga hasil foto bagian kanan dan kiri foto bisa simetris.  Setiap kali kamu menerapkan teknik termudah yang satu ini, hasilnya bisa sangat indah dan orang langsung paham mengenai apa yang menjadi subjek utama dalam fotomu.

3. Ketahui Komposisi Foto Repetition

Salah satu hal yang juga menarik untuk bisa diabadikan dalam foto adalah foto repetition. Misalnya, kamu bisa mengambil pola dari ombak yang beriringan membentuk suatu pattern tertentu. Mengambil dalam jarak yang tepat adalah kunci untuk bisa berhasil mengambil dengan teknik repetition. 

Pastinya, kamu juga harus melakukannya dengan cepat, karena momen ombak membentuk pattern tertentu bisa hilang alias tidak bisa langsung ditemukan kembali. Komposisi framing yang juga cocok digunakan dengan teknik ini adalah mengambil foto suatu kota dengan bentuk bangunan dan arsitektur yang hampir sejenis.  

4. Komposisi Unik Foto Frame in Frame

Konsep yang cukup unik dan menarik untuk dibahas dalam dunia fotografi adalah frame in frame. Komposisi yang satu ini akan membawa mata orang yang memandang foto untuk melihat apa foto yang di dalam frame. 

Kalau masih bingung dengan maksudnya adalah melihat foto dalam foto. Salah satu contoh dari komposisi ini adalah mengambil foto sebuah lukisan. Bisa juga mengambil foto orang yang sedang melakukan suatu kegiatan melalui jendela dan lain sebagainya.

Berlatih Menggunakan Teknik Komposisi Framing Sampai Ahli

mengenal posisi framing pada foto

Saat kamu sudah mengetahui teknik framing foto secara teori, maka kamu perlu berlatih. Semakin sering kamu berlatih, sudah pasti hasilnya akan menjadi semakin baik. Kamu bisa menggunakan keahlian kamu ini suatu hari nanti untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu pasti tertarik bukan untuk melakukan hal ini?

Hal lain yang juga perlu diketahui untuk bisa mengambil foto yang profesional adalah atur fokus dari kameramu. Saat kamu bisa mengatur fokus kamera secara manual dengan tepat, maka keahlianmu dalam bidang fotografi sudah meningkat. Tidak selamanya hasil automatic focus dalam kamera bisa menjadi andalan.

Kamu juga bisa berbagi informasi tips ini dengan teman yang baru sama-sama belajar mengenal komposisi framing pada fotografi. Apabila kamu masih menabung untuk membeli kamera sendiri, kamu mencoba sewa di IFrame rental kamera. IFrame rental kamera punya tiga cabang yaitu Palagan, Jogokariyan, dan Kusumanegara.

(Click to Chat WhatsApp)