Tips Cara Memotret Pemandangan dengan Indah dan Tajam 

Berisikan informasi tentang cara memotret objek bergerak dengan kamera DSLR. Ada empat cara yang direkomendasikan untuk hasil foto memuaskan tanpa blur atau tidak fokus.

cara memotret pemandang

Memotret pemandangan adalah aktivitas menarik untuk dilakukan. Apalagi jika menggunakan kamera DSLR yang menjadikan hasil foto seindah aslinya. Maka dari itu, berikut dijelaskan cara memotret pemandangan dengan indah dan tajam untuk pemula.

(Click to Chat WhatsApp)

1. Gunakan Lensa Wide

Cara yang pertama adalah mengambil landscape alam menggunakan lensa Wide. Dengan perangkat ini kamera bisa lebih fokus membidik landscape atau pemandangan sehingga hasil foto terlihat natural.

Jika menggunakan lensa jenis lain kadang masih ada bias cahaya tidak proporsional sehingga foto terlihat kotor ketika dicetak.

2. Atur Kamera Ke Shutter Speed Lambat

Jika menggunakan kamera bukaan yang minus, coba atur Shutter Speed ke posisi lambat. Ini diperlukan agar terjadi konfigurasi cahaya kontras yang seimbang.

Setelah selesai membidik kembalikan pengaturan ke shutter speed awal karena fitur tetap dibutuhkan untuk kondisi-kondisi tertentu.

3. Memotret dengan Setting Kamera Default

Tips memotret pemandangan agar lebih tajam dan jernih yaitu pakai kamera yang diatur default. Cara ini tidak terlalu efektif karena kamu harus mencari titik fokus secara manual.

Sekalipun begitu, hasil bidikan maksimal karena fokusnya lebih tinggi. Apalagi objeknya tidak bergerak sehingga cara ambil fotonya lebih mudah.

4. Mencari Spot Pemandangan yang Instagramable

Tidak semua landscape atau pemandangan bagus dijadikan objek foto. Maka dari itu, cari lokasi yang memang eksotis dan cantik. Kalau perlu pilih spot yang memiliki daya jual.

Jika pemandangan tidak bagus, secantik apapun hasil bidikan tetap tidak memuaskan. Kamu akan menghapus atau membuang foto padahal untuk mengambil sangat susah.

5. Pilih Angle Yang Pas

Hasil foto tidak bagus karena kamu salah mengambil angle atau posisi. Maka dari itu, jangan langsung bidik lebih baik explore dulu seluruh angle. Jika menemukan yang cocok baru arahkan kamera ke sana.

Untuk memaksimalkan kamu harus menguasai pengambilan foto berbagai macam angle. Ini menentukan hasil foto artistik atau sebaliknya.

cara memotret pemandangan

6. Bidik dari Banyak Sudut Pandang

Jika ingin memfoto pemandangan pastikan menggunakan segala sudut pandang. Terkadang dari posisi depan tidak menarik kamu bisa mengambil dari samping kanan dan kiri.

Khusus cara keenam ini kamu harus menguasai cara mengambil foto dari berbagai sudut pandang. Minimal ada kepekaan posisi mana saja yang menampilkan angle terbaik.

7. Mengatur Background Foto

Sebelum memfoto pemandangan, kamu harus memilih mana objek fokus mana background. Perpaduan ini yang membuat hasil cetak terlihat cantik dan elegan.

Di tahap ini, kreativitas kamu diperlukan untuk meracik tampilan objek dan background agar artistik. Kepekaan juga penting untuk menilai mana background layak dibidik atau ditinggalkan.

8. Lakukan Bidikan dengan Lensa Bukaan Kecil

Jika sudah menemukan angle yang bagus maka mulai membidik dengan lensa bukaan kecil. Pada pengaturan ini otomatis shutter speed lebih rendah sehingga posisi foto lebih rata dan sejajar.

9. Foto Pemandangan Menggunakan Tripod

Salah satu penyebab foto tidak bagus adalah saat mengambil terjadi gerakan. Maka dari itu, untuk mencegah kamera bergoyang kamu harus menggunakan tripod.

Harga perangkat ini cukup murah tidak sampai jutaan rupiah. Yang bekas pun masih bisa digunakan karena hanya penyangga kamera saja.

10. Pilih Waktu yang Tepat untuk Memfoto

Cara memotret pemandangan dengan HP dan kamera selanjutnya ialah pilih waktu yang tepat untuk memfoto. Jangan memotret siang hari karena pencahayaannya sangat terang.

Waktu yang bagus untuk memfoto pemandangan adalah sore dan pagi hari karena sinar temaram mampu menampilkan foto yang indah.

Mengambil foto malam hari juga bisa dicoba. Namun kalau pemandangan alam kurang bagus dan malah menyeramkan. Jika ingin mengambil foto malam hari silakan foto pemandangan kota yang eksotis.

11. Aktifkan Fitur Filter Polarisasi

Jika ingin menghasilkan foto pemandangan dengan warna-warna natural aktifkan filter polarisasi kamera. Keunggulan aplikasi ini adalah mampu menyesuaikan warna berbeda dari objek. Pemetaan ini yang membuat gambar atau foto terlihat natural.

Jika mengaktifkan fitur, kamu harus menggunakan tripod. Ini dikarenakan bukaan lensa lebih lebar dikhawatirkan ketika membidik ada gerakan yang membuat fokus berubah.

Cara memotret pemandangan dengan indah dan tajam di atas adalah solusi bagi fotografer pemula untuk mengabadikan keindahan alam. Pasti hasil fotonya cantik dan mengagumkan. Kamu juga bisa menyewa kamera di IFrame Rental untuk mengabadikan momen liburan di tempat wisata yang indah.

(Click to Chat WhatsApp)

 

Butuh Kamera? Sewa Kamera Jogja di IFrame Aja!