Cara Memotret Foto Close Up Bagi Pemula agar Hasilnya Baik

cara memotret close up

Saat ini sudah banyak alat teknologi yang canggih untuk memotret suatu objek dengan mudah. Misalnya seperti menggunakan kamera handphone maupun kamera pocket setara kamera DSLR. Jika kamu hobi memotret dan ingin menjadi fotografer, maka kamu perlu banyak belajar berbagai teknik mengambil gambar, Salah satunya yaitu dengan mempelajari cara memotret foto close up bagi pemula.

Bagi para pecinta fotografi, kamera mirrorless merupakan kamera yang paling banyak digunakan, serta menjadi primadona untuk mendapatkan foto. Salah satunya yaitu untuk mengambil foto close up yang bagus dan menarik. Berikut ini merupakan beberapa cara memotret foto close up bagi pemula.

 

(Click to Chat WhatsApp)

Cara Memotret Foto Close Up Bagi Pemula

Foto close up sendiri merupakan foto yang diambil dari jarak dekat, agar objek yang didapatkan lebih jelas dan fokus, biasanya objek yang ada di dalam foto tersebut berupa manusia. 

cara memotret close up

Untuk mendapatkan foto close up yang baik diperlukan teknik atau cara agar gambar yang dihasilkan memiliki karakter yang berbeda, unik, menarik, serta sesuai dengan aslinya. Berikut ini merupakan cara memotret foto close up yang bisa dilakukan bagi para pemula, diantaranya adalah

1. Jenis Lensa

Untuk menghasilkan foto close up yang bagus, kamu harus menggunakan berbagai jenis lensa yang sesuai untuk memotret pada jarak dekat, sehingga objek yang difoto terlihat jelas. 

Salah satu lensa yang digunakan untuk memotret foto close up yaitu dengan lensa yang memiliki focal length panjang sekitar 200 mm atau minimal 85 mm. Pada dasarnya, jenis lensa tele lebih baik dan bisa menghasilkan foto yang bagus dibandingkan dengan lensa wide.

Lensa tele bisa menghasilkan foto yang berkesan lembut, dimana objek gambar terlihat sangat dekat dengan area background yang mem-blur. begitupun sebaliknya, tidak disarankan untuk menggunakan jenis lensa wide untuk foto portrait, karena objek gambar yang dihasilkan terlihat jauh.

2. Pengaturan Kamera

Banyak orang yang mengatur kegunaan kamera untuk mendapatkan foto close up bagus, fokus, dan terang. Untuk mendapatkan foto yang lebih berkarakter, kamu harus mengambil gambar dari sudut yang pas, serta dengan bantuan lighting untuk mendapatkan cahaya yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus memiliki daya kreativitas yang tinggi agar tercipta foto yang diinginkan.

3. Hindari Eye Level

Untuk melakukan pemotretan close up dengan kamera DSLR, sebaiknya diusahakan untuk tidak menggunakan eye level. Kamu bisa menggunakan perspektif baru dengan Angel yang berbeda untuk menghasilkan tipe foto lainnya. Untuk mendapatkan foto yang berdimensi serta memperlihatkan detail objek, kamu bisa menggunakan flash di berbagai arah yang berbeda, baik samping maupun belakang objek.

Untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih dramatis, kamu bisa berfoto dengan landscape pemandangan yang indah. Jangan lupa untuk mencari backlight dalam foto, agar hasilnya lebih menarik dan bernilai tinggi.

5. Teknik Komposisi

Teknik komposisi merupakan teknik yang sangat penting untuk melakukan pemotretan foto close up menggunakan kamera DSLR. Karena tanpa menggunakan teknik komposisi, maka keindahan foto yang dihasilkan akan berkurang meskipun teknik pemotoan sudah cukup bagus.

Kamu bisa menggunakan cahaya matahari untuk mendapatkan hasil foto yang lebih terang, namun tetap membutuhkan lighting sebagai alat tambahan. Penggunaan alat lighting tambahan harus sesuai dengan arah sinar matahari, sehingga shadow dalam foto terlihat lebih pekat.

Jangan lupa untuk memperhatikan arah cahaya matahari. Objek berada di sisi kanan atau kiri pencahayaan matahari. Namun, jika matahari belum terlihat jelas, maka arahkan objek sejajar dengan depan matahari.

Yang terpenting ialah, objek jangan melawan sinar matahari, karena hasilnya gelap dan silau.

Memotret merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan, terlebih saat ini banyak orang memamerkan hasil jepretannya di media sosial. Sehingga, jangan pernah berhenti untuk selalu berkreativitas, lakukan beberapa langkah tersebut untuk mendapatkan foto yang bagus.

Itulah beberapa cara memotret foto close up bagi pemula dengan baik dan benar. Kamu bisa menyewa rental kamera IFrame untuk memotret foto close up dengan mudah. Saat ini rental kamera IFrame sudah terbuka 3 cabang, yaitu di Palagan (pusat), Jogokariyan, Kusumanegara.

(Click to Chat WhatsApp)