Begini Trik Memotret di Kondisi Kurang Cahaya

Trik Memotret di Kondisi Kurang Cahaya yang Benar

Punya hobi fotografi memang mengasikkan, ya. Selain itu, di era digital ini hobi tersebut bisa memberikan keuntungan tersendiri. Ini terbukti dengan banyaknya website yang bisa digunakan untuk menjual foto hasil jepretan.

Karenanya, hasil foto pun harus bagus termasuk tidak peduli di belakang layarnya harus jungkir balik. Salah satu yang jadi kendala bagi seorang fotografer adalah saat minim cahaya. Jangan pusing, begini lho, trik memotret di kondisi kurang cahaya!

1. Gunakanlah ISO yang Tinggi

Ya, saat memotret dengan kamera dengan keadaan minim cahaya, gunakanlah ISO yang cukup tinggi. ISO sekitar 800-6400 ini efektif untuk meningkatkan kualitas foto jika diambil dalam keadaan kurang cahaya. Sebenarnya ISO ini bisa membuat foto jadi jelek di kondisi yang normal. Namun jika tidak memiliki alat bantu seperti flash, ISO tetap akan membuat hasil jepretan di kegelapan lebih bagus.

2. Gunakan Mode yang Tepat

Mode Aperture Priority A atau AV adalah mode yang bisa diandalkan saat keadaan kurang cahaya. Sebenarnya, mode Manual atau M pun cukup bagus jika sudah berpengalaman. Dengan mode A, gunakan bukaan ke angka yang lebih kecil semisal f/3.5. Karena, semakin kecil angkanya, akan semakin besar bukaan lensanya. Bukaan sendiri seperti jendela. Saat ruangan gelap, tentu membutuhkan jendela yang lebih besar supaya banyak cahaya yang masuk, bukan?

3. Lakukan Pemotretan Berturut-turut

Trik ini juga bisa membantu jika kondisi cahaya kurang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan satu atau lebih hasil jepretan yang tajam. Caranya dengan menu drive mode. Pilihlah simbol kotak yang berlapis-lapis saat memotret. Tahan tombol shutter dan otomatis kamera akan mengambil foto berturut-turut.

4. Amati Arah Cahaya yang Jatuh

Trik selanjutnya adalah dengan mengamati arah cahaya yang jatuh ke objek yang akan dipotret. Misalnya jika ingin memotret wajah, perhatikan apakah cahaya tersebut jatuh merata di wajah objek? Atau justru masih tertutup bayangan? Jika iya, maka atur lagi sampai mendapatkan yang sesuai.

Itulah beberapa trik memotret di kondisi kurang cahaya. Selamat mencoba!

Sewa Kamera Jogja | IFRAME Rental Kamera | Rental Kamera Jogja