Banyak yang Belum Tahu!! Inilah Pengertian ISO pada Kamera

Saat ini, banyak masyarakat yang tertarik dengan dunia fotografi. Namun sebelum memilih kamera yang akan digunakan, ada baiknya jika Anda mengerti tentang pengertian ISO pada kamera. Hal tersebut supaya hasil gambar yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan jepretan istimewa, tak ada salahnya untuk mengetahui seluk beluk kamera yang akan digunakan. Fungsi-fungsi fitur yang dimiliki oleh kamera juga harus Anda ketahui supaya penggunaannya bisa semaksimal mungkin.

(Click to Chat WhatsApp)

Pengertian ISO pada kamera

ISO juga biasa disebut ASA oleh kebanyakan orang. Pada dasarnya. ISO menunjukkan tingkat kepekaan kamera terhadap cahaya. Semakin besar nilai ISO, maka kamera akan semakin peka terhadap cahaya, sehingga semakin banyak pula cahaya yang bisa diperoleh. Jadi dengan tingginya nilai ISO pada kamera, maka Anda hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk memperoleh exposure yang tepat. Itulah pengertian ISO pada kamera yang harus dipahami pertama kali.

Misalnya, Anda memiliki gelas kosong yang akan diisi air. Selanjutnya, Anda mengisi gelas tersebut dengan es batu. Semakin banyak jumlah es batu yang Anda masukkan, maka semakin sedikit pula air yang dibutuhkan untuk mengisi gelas sampai penuh. Seperti itulah gambaran ISO pada kamera. Analogikan es batu sebagai ISO, dan air sebagai cahaya.

Pemilihan ISO pada kamera juga berkaitan dengan noise yang dihasilkan. Semakin tinggi ISO yang digunakan, semakin besar pula noise yang dihasilkan. Noise adalah bintik kecil yang ditemukan dalam foto. Salah satunya bisa terjadi karena pemilihan ISO yang tidak tepat. Namun saat ini sudah banyak kamera canggih yang bisa menghilangkan efek noise tersebut.

Jadi ISO yang tinggi bisa digunakan untuk memotret pada malam hari atai di dalam ruangan. Dengan kata lain , ISO yang tinggi dibutuhkan saat Anda ingin memotret dengan cahaya minim. Nah, demikian penjelasan tentang pengertian ISO pada kamera yang harus Anda ketahui. Jadi, mulai sekarang pilihlah ISO yang tepat untuk mendapatkan hasil jepretan berkualitas.