Apa Itu Aperture?

Hallo, kali ini mimin akan membahas terkait apa itu aperture pada kamera dan fungsinya!
Sebelumnya sobat IFrame sudah tau belum apa itu aperture?

oke, aperture itu merupakan bukaan diafragma pada lensa kameramu. Nilai aperture biasanya ditandai dengan “f/anga”, misalnya f/13, f/17, dan biasanya jug ada pada smartphone dengan angka f/2.6 hingga f/1.8. Lalu, apasih maksud dari simbol “f/angka” itu?

Jadi, angka di belakang huruf f itu adalah nilai dari bukaan lensa atau difragma pada lensa, yang mana semakin besar angka dibelakang f/ maka bukaan lensa akan semakin kecil, jadi sistemnya kebalik ya, semakin besar angka, bukaan semakin kecil.
Mimin conthan begini, misal focal length lensa kamu sebesar 200mm, maka saat kamu menggunakan aperture f/4, berarti aperture akan terbukan dengan diameter 50mm (200 dibagi 4).

Lalu apasih perbedaanya jika dibuka kecil dan besar?
Nah, sekarang coba deh sobat IFrame tes dengan bukaan aperture kecil dan bukaan aperture besar lalu ambil fotonya, ingat gunakan pengaturan yang sama selain aperture, dari foto tersebut sobat IFrame akan melihat hasil foto dengan aperture kecil akan terlihat lebih terang dibandingkan dengan aperture besar. Kenapa bisa terjadi? karena saat angka aperture kecil, maka bukaan diameter akan lebih besar daripada menggunakan aperture besar. Diamter yang besar pada kamera akan menangkap lebih banyak cahaya daripada diameter bukaan yang kecil, maka dari itu fot terlihat lebih terang.

lalu dengan begitu berarti nilai aperture yang besar akan membuat foto jelek dong? karena foto jadi gelap. Nggk gitu kok, semua sesuai kebutuhan, kalau pada kondisi latar cahaya terang, menggunakan aperture kecil akan mengakibatkan kualitas pencahayaan gambar yang silau, foto akan terlihat terlalu terang, gak enak banget kan? makanya jika kondisi latar sudah memiliki pencahayaan yang baik, maka sebaiknya gunakan aperture yang besar agar diameter bukaan tidak terlalu besar dan menghasilkan foto yang pas pencahayaannya, begitu pula sebaliknya.

Selanjutnya yaitu terkait fokus, dengan nilai aperture kecil berarti diameter bukaan lensa besar, maka kamu akan menghasilkan foto dengan fokus yang tajam, dalam artian bokeh, terfokus pada objek yang kamu inginkan saja. sedangkan dengan nilai aperture besar, kamu akan mendapatkan fokusa yang luas yang mana dengan nila aperture besar cocok untuk foto-foto landskap karena fokus menyebar luas.

jadi, semua sesuai dengan tujuan dan kegunaan yang dibutuhkan sobat IFrame ya!

Nah, Buat yang mau coba-coba dengan ilmu dasar yang mimin sebutkan diatas tapi belum punya kamera,yuk Sewa kamera di IFRAME aja! LEBIH MUDAH LEBIH MURAH

Kontak Wa
Alamat Palagan
Alamat Kusumanegara
Alamat Jogokariyan